SpongeBob SquarePants
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN


         Kata teknologi kini sudah tidak asing lagi ditelinga kita, mengingat jaman yang sudah semakin modern. Bahkan di setiap belahan dunia, teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Bisa kita lihat sendiri yah... Begitu banyaknya barang elektronik yang semakin canggih yang dimiliki merata oleh masyarakat. Di Indonesia sendiri, iklan-iklan yang menayangkan gadget-gadget keren bukanlah hal yang mengejutkan lagi, apalagi didukung dengan mudahnya cara untuk mendapatkannya. Tinggal beli di toko elektronik dan mall terdekat aja. Gadget-gadget keren seperti smartphone, ipad, tablet, handphone, laptop, notebook dan lain sebagainya sudah dimiliki oleh  semua usia mulai dari anak prasekolah sampe lansia. Ini salah satu contohnya....
                  

Perkembangan teknologi ini juga didukung oleh banyaknya operator yang berlomba-lomba menyediakan layanan internet yang cepat dan murah. Dimana internet ini merupakan multifungsi (banyak fungsinya) bagi semua kalangan. Belum lagi, dengan munculnya akses internet yang lebih menguntungkan, yaitu wifi yang bisa digunakan rame-rame. Karena begitu pesatnya perkembangan teknologi yang membutuhkan akses jaringan internet ini, maka sekarang sudah banyak perkantoran, sekolah, rumah makan, rumah perorangan bahkan handphone pribadi yang memakai wifi. Perkembangan teknologi pun sudah mewarnai dunia pendidikan, kecantikan, dan bahkan hal negatif seperti penipuan. Hal ini juga yang menjadi tolok ukur kemajuan dari suatu negara.
Nah,sekarang kita akan membahas teknologi yang sangat berkaitkan dengan pendidikan. Perkembangan teknologi yang berkembang pesat dari tahun ke tahun sangat diharapkan dapat meningkatkan atau mengembangkan mutu pendidikan. Mengasosiasikan teknologi dan pendidikan ini awalnya cukup sulit tetapi kini secara bertahap pemerintah mengubah pola pendidikan ke arah teknologi. Hal ini tampak dari ujian nasional yang sekarang sudah menggunakan LJK sehingga mempermudah pemeriksaan hasil UN , tidak serumit dulu.
Untuk itu, tugasnya yang dibagian psikologi pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan berdasarkan perkembangan zaman dan teknologi. Berikut dalam psikologi pendidikan akan dibahas sedikit mengenai revolusi teknologi, internet, teknologi dan diversitas sosiokultural, standar teknologi untuk murid yang “melek teknologi”, dan masa depan.
Revolusi Teknologi
Revolusi teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi dimana kita hidup sekarang. Teknologi telah berkembang dan sudah dipakai dalam bidang pendidikan selama beberapa dekade. Akan tetapi, teknologi yang digunakan masih sederhana. Namun, kini teknologi telah berkembang dengan pesat. Perubahan ini bisa kita lihat dari perbedaan aktivitas anak-anak zaman dahulu dengan zaman sekarang. Misalnya anak-anak dulu cenderung bermain petak umpet, lompat tali dan sebagainya. Sedangkan di zaman sekarang permainan seperti itu sudah jarang terlihat, yang ada hanyalah anak-anak yang sibuk dengan gadgetnya masing-masing. Ntah itu bermain game, chating-an atau browsing sepuasnya
           
Penggunaan teknologi komputer kini mulai mengembangkan sistem pendidikan. Setiap sekolah baik SD, SMP, dan SMA rata-rata sudah memiliki perangkat komputer. Bahkan tiap tahun kebutuhan akan komputer selalu bertambah. Faktanya, pada tahun 1983 hanya ada sekitar 50000 komputer di sekolah-sekolah Amerika dan pada tahun 2002, ada lebih dari 6 juta komputer. Metode pengajaran pun sudah jarang menggunakan kapur atau spidol, kini lebih kepada penggunaan aplikasi yang ada pada komputer seperti penggunaan slide-slide dari powerpoint dan sebagainya.
Internet
Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung ke seluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses dengan mudah. World Wide Web (WWW) adalah sistem pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi internet; materi ini mencakup teks dan grafis dimana web memberikan struktur yang dibutuhkan internet.
Website adalah lokasi individu atau organisasi di internet. Di website kita bisa mendapatkan sejumlah link yang berhubungan dengan materi yang ingin kita cari. E-mail adalah singkatan dari electronic mail yang merupakan bagian terpenting dari internet. Biasanya penggunaan e-mail mempermudah pelajar mengirimkan tugas kepada guru atau dosennya. Penggunaan e-mail juga membantu guru memantau perkembangan belajar murid di luar sekolah.
Teknologi dan Diversitas Sosiokultural
            Pelajar miskin ataupun sekolah miskin masih kurang mendapat layanan teknologi. Kesenjangan pun dapat terjadi antara kelompok etnis misalnya Amerika yang mayoritas berkulit putih lebih mendapat sentuhan teknologi daripada Afrika yang mayoritas berkulit hitam. Untuk itu, perlu adanya cara untuk mengurangi kesenjangan tersebut.
            Berikut beberapa rekomendasi untuk mencegah atau mengurangi kesenjangan dalam akses penggunaan komputer:
§  Saring materi teknologi untuk menghilangkan bias gender, kultural dan etnis.
§  Gunakan teknoologi sebagai alat untuk menyediakan kesempatan pembelajaran yang aktif dan konstruktif tanpa memandang gender, etnis dan kultural.
§  Beri murid informasi tentang pakar dari latar belakang gender dan etnis yang berbeda yang menggunakan teknologi secara efektif.
§  Cari cara bagaimana agar pemerintahan dapat memberi komputer untuk keluarga miskin.

Standar untuk Murid yang “Melek Teknologi”
Ada berbagai standar penggunaan teknologi komputer bagi murid. Tetapi, sebenarnya semua itu tergantung pada keadaan negara dan individu tersebut.
Taman Kanak-Kanak sampai Grade 2 è gunakan alat input(mouse, keyboard) dan alat output ( monitor, printer) ; gunakan sumber daya teknologi (seperti teka-teki, program berpikir logis, alat penulis, dan kamera digital)
Grade 3 sampai 5 è gunakan alat input dan output secara efektif ; gunakan sumber daya teknologi (seperti kalkulator, video) untuk aktivitas pemecahan masalah dan belajar mandiri.
Grade 6 sampai 8 è desain, kembangkan, publikasikan dan paparkan produk ( seperti halaman web dan rekaman video) ; teliti dan evaluasi sumber informasi yang berkaitan dengan dunia nyata.
Grade 9 sampai 12 è gunakan sumber daya teknologi untuk mengelola dan mengomunikasikan informasi personal ; gunakan informasi online secara rutin untuk memenuhi kebutuhan riset.
Masa Depan : Komputer di Mana-mana
Di masa depan, ubiquitous computing mungkin akan menggantikan komputer dekstop. Ubiquitous computing menekankan pada distribusi komputer dalam lingkungan.
Dari bahasan di atas, bisa dibayangkan bahwa teknologi sangat mempengaruhi pendidikan seseorang. Oleh karena itu, orang-orang yang berkecimpung dalam dunia psikologi pendidikan lah yang berperan penting dalam memperhatikan alur pendidikan yang sejalan dengan teknologi. Diharapkan kemajuan teknologi
           

Sekian sedikit bahasan tentang teknologi dan pendidikan. Semoga informasi ini cukup bermanfaat untuk ke depannya........Thank You...... 




 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar